Tidak ada keberuntungan bagi umat manusia di dunia dan
akhirat kecuali dengan Islam. Kebutuhan mereka terhadapnya melebihi kebutuhan
terhadap makanan, minuman, dan udara. Setiap manusia membutuhkan syari'at.
Maka, dia berada di antara dua gerakan: gerakan yang menarik kepada perkara
yang berguna dan gerakan yang menolak mara bahaya. Islam adalah penerang yang
menjelaskan perkara yang bermanfaat dan berbahaya.
Makna
Islam dan Iman
. Agama Islam ada tiga
tingkatan: Islam, iman dan ihsan. Dan setiap tingkatan mempunyai rukun.
.
Perbedaan di antara Islam, iman dan ihsan:
Islam dan iman bila disebutkan secara bersamaan, maka yang
dimaksud dengan Islam adalah amal perbuatan yang nampak, yaitu rukun Islam yang
lima, dan pengertian iman adalah amal perbuatan yang tidak nampak, yaitu rukun
iman yang enam. Dan bila hanya salah satunya (yang disebutkan) maka maksudnya
adalah makna dan hukum keduanya.
. Ruang lingkup ihsan
lebih umum daripada iman, dan iman lebih umum daripada Islam. Ihsan lebih umum
dari sisi maknanya; karena ia mengandung makna iman. Seorang hamba tidak akan
bisa menuju martabat ihsan kecuali apabila ia telah merealisasikan iman dan
ihsan lebih spesifik dari sisi pelakunya; karena ahli ihsan adalah segolongan
ahli iman. Maka, setiap muhsin adalah mukmin dan tidak setiap mukmin adalah
muhsin.
. Iman lebih umum daripada
Islam dari maknanya; karena ia mengandung Islam. Maka, seorang hamba tidak akan
sampai kepada tingkatan iman kecuali apabila telah merealisasikan Islam dan
iman lebih spesifik dari sisi pelakunya; karena ahli iman adalah segolongan
dari ahli Islam (muslim), bukan semuanya. Maka, setiap mukmin adalah muslim dan
tidak setiap muslim adalah mukmin.
.
Pengertian Islam:
Islam adalah berserah diri kepada Allah I dengan
tauhid dan tunduk kepada-Nya dengan taat dan berlepas diri dari perbuatan
syirik dan pelakunya. Barangsiapa yang berserah diri kepada Allah I saja,
maka dia adalah seorang muslim. Dan barangsiapa yang berserah diri kepada Allah
I dan
yang lainnya, maka dia adalah seorang musyrik. Dan barangsiapa yang tidak
berserah diri kepada Allah I, maka
dia seorang kafir yang sombong.
Rukun-Islam
Rukun Islam ada lima:
Dari Ibnu Umar t, ia
berkata, "Rasulullah r
bersabda, 'Islam dibangun atas lima perkara: Bersaksi bahwa tidak ada Ilah
(yang berhak disembah) selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah I,
mendirikan shalat, menunaikan zakat, berhaji, dan puasa Ramadhan."
Muttafaqun 'Alaih.
.
Pengertian Syahadah (laailaaha illallah):
Manusia mengakui dengan lisan dan hatinya bahwa tidak ada
yang berhak disembah selain Allah I, dan
sesembahan-sesembahan selain Dia I, maka
ketuhanannya adalah batil dan ibadahnya juga batil. Kalimah syahadah tersebut
mengandung nafi (meniadakan/menolak) dan itsbat (menetapkan).
(Laa ilaaha), artinya menolak semua yang disembah selain Allah I,
(Illallah) adalah menetapkan ibadah kepada Allah I saja, tidak ada sekutu
bagi-Nya dalam menyembah-Nya, seperti tidak ada sekutu bagi-Nya dalam
kerajaan-Nya.
.
Pengertian syahadah (Muhammad Rasulullah):
Taat kepada Nabi r dalam
perintahnya, membenarkan beritanya, menjauhi yang dilarangnya, dan dia tidak
menyembah Alah I
kecuali dengan cara yang disyari'atkannya.
Iman
Iman: Engkau beriman kepada Allah I,
malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari kiamat, dan engkau beriman
kepada qadar (ketentuan) baik dan buruknya.
Iman adalah ucapan dan perbuatan. Ucapan hati dan lisan,
dan amal hati, lisan dan anggota tubuh, iman itu bertambah dengan taat dan
berkurang dengan maksiat.
.
Cabang-cabang iman:
Dari Abu Hurairah t, ia
berkata, "Rasulullah r
bersabda, 'Iman terbagi lebih dari tujuh puluh atau enam puluh cabang. Yang
paling utama adalah ucapan laailaa ha illallah dan yang terendah adalah
menyingkirkan gangguan dari jalan. Dan sifat malu termasuk satu cabang dari
iman." HR. Muslim
.
Tingkatan-tingkatan Iman:
Iman itu memiliki rasa, manis dan hakekat.
1.
Adapun rasanya iman, maka Nabi r
menjelaskan dengan sabda-Nya: "Yang merasakan nikmatnya iman adalah orang
yang ridha kepada Allah I
sebagai Rabb (Tuhan), Islam sebagai agama, dan Muhammad r
sebagai rasul." HR. Muslim
2.
Adapun manisnya iman, maka Nabi r
menjelaskan dengan sabdanya: "Ada
tiga perkara, jika terdapat dalam diri seseorang, niscaya dia merasakan
nikmatnya iman: bahwa Allah I dan
Rasul-Nya r lebih
dicintainya dari apapun selain keduanya, dia tidak mencintai seseorang kecuali
karena Allah I, dan
dia benci kembali kepada kekafiran sebagaimana dia benci dilemparkan dalam api
neraka." Muttafaqun 'alaih.
3.
Adapun hakekat iman, maka bisa didapatkan
oleh orang yang memiliki hakekat agama. Berdiri tegak memperjuangkan agama,
dalam ibadah dan dakwah, berhijrah dan menolong, berjihad dan berinfak.
1, Firman Allah I:
إِنَّمَا
الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ اللهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ وَإِذَا
تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ ءَايَاتُهُ زَادَتْهُمْ إِيمَانًا وَعَلَى رَبِّهِمْ
يَتَوَكَّلُونَ {2} الَّذِينَ يُقِيمُونَ الصَّلاَةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ
يُنفِقُونَ {3} أُوْلَئِكَ هُمُ الْمُؤْمِنُونَ حَقًّا لَّهُمْ دَرَجَاتٌ عِندَ
رَبِّهِمْ وَمَغْفِرَةٌ وَرِزْقٌ كَرِيمٌ {4}
Sesungguhnya orang-orang
yang beriman itu adalah mereka yang apabila disebut nama Allah gemetarlah hati
mereka, dan apabila dibacakan kepada mereka Ayat-ayat-Nya, bertambahalah iman
mereka (karenanya) dan kepada Rabblah mereka bertawakkal, .
(yaitu) orang-orang yang
mendirikan shalat dan yang menafkahkan sebagian dari rejeki yang Kami berikan
kepada mereka. Itulah orang-orang yang
beriman dengan sebenar-benarnya. Mereka akan memperoleh beberapa derajat
ketinggian di sisi Rabbnya dan ampunan serta rejeki (nikmat) yang mulia. (QS.
Al-Anfaal :2-4)
2, Firman Allah I:
وَالَّذِينَ
ءَامَنُوا وَهَاجَرُوا وَجَاهَدُوا فِي سَبِيلِ اللهِ وَالَّذِينَ ءَاوَوْا
وَنَصَرُوا أُوْلَئِكَ هُمُ الْمُؤْمِنُونَ حَقًّا لَّهُم مَّغْفِرَةٌ وَرِزْقٌ
كَرِيمٌ
Dan orang-orang yang
beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah, dan orang-orang yang
memberi tempat kediaman dan memberi pertolongan (kepada orang-orang muhajirin),
mereka itulah orang-orang yang benar-benar beriman. Mereka memperoleh ampunan
dan rezki (nikmat) yang mulia. (QS. Al-Anfal: 74)
3, Firman Allah I:
إِنَّمَا
الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ ءَامَنُوا بِاللهِ وَرَسُولِهِ ثُمَّ لَمْ يَرْتَابُوا
وَجَاهَدُوا بِأَمْوَالِهِمْ وَأَنفُسِهِمْ فِي سَبِيلِ اللهِ أُوْلاَئِكَ هُمُ
الصَّادِقُونَ
Sesungguhnya orang-orang
yang beriman hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya
kemudian mereka tidak ragu-ragu dan mereka berjihad dengan harta dan jiwa
mereka pada jalan Allah, mereka itulah orang-orang yang benar. (QS. Al-Hujuraan
:15)
. Seorang hamba tidak bisa
mencapai hakekat iman sehingga dia mengetahui bahwa apapun yang menimpanya
tidak akan luput darinya dan apapun yang luput darinya pasti tidak akan
menimpanya.
.
Kesempurnaan Iman:
Cinta yang sempurna kepada Allah I
Rasul-Nya memberikan konsekuensi adanya sesuatu yang dicintainya. Apabila cinta
dan bencinya hanya karena Allah I, yang
keduanya adalah amal ibadah hati, dan pemberian dan tidak memberinya hanya
karena Allah I, yang
keduanya adalah amal ibadah badan, niscaya hal itu menunjukkan kesempurnaan
iman dan kesempurnaan cinta kepada Allah I.
Dari Abu Umamah t, dari
Rasulullah r
bersabda, "Barang siapa cinta karena Allah, memberi karena Allah, dan
melarang karena Allah I,
niscaya dia telah menyempurnakan iman." HR: Abu Daud
Termasuk
Perkara-Perkara Keimanan
. Cinta
kepada Rasulullah r:
Dari Anas bin Malik t, ia
berkata, 'Rasulullah r
bersabda, 'Tidak beriman (sempurna) seseorang di antara kamu sehingga aku
lebih dicintainya dari pada ayahnya, anaknya, dan menusia sekalian."
Muttafaqun 'alaih.
.
Mencintai kaum anshar:
Dari Anas t, dari
Nabi r, beliau
bersabda, "Tanda iman adalah mencintai kaum anshar dan tanda
kemunafikan adalah membenci kaum anshar."Muttafaqun 'alaih
.
Mencintai orang-orang yang beriman:
Dari Abu Hurairah t, ia
berkata, 'Rasulullah r
bersabda, 'Kamu tidak bisa masuk surga sehingga kamu beriman, dan kamu tidak
beriman sehingga kaum saling mencintai. Maukah kamu aku tunjukkan sesuatu yang
apabila kaum lakukan niscaya kalian saling mencintai, tebarkanlah salam di
antara kamu." HR. Muslim
.
Mencintai saudaranya sesama Islam:
Dari Anas bin Malik t, dari
Nabi r,
beliau bersabda, "Tidak beriman (sempurna) seseorang kamu sehingga dia
mencintai saudaranya –atau tetangganya- apa yang dia cintai untuknya dirinya."
Muttafaqun a'alaih
. Mencintai tetangga dan
tamu, serta tidak bicara kecuali tentang yang baik:
Dari Abu Hurairah t, dari
Rasulullah r,
beliau bersabda, "Barang siapa beriman kepada Allah I dan
hari akhir, hendaklah dia berkata baik atau diam. Barang siapa yang beriman
kepada Allah I dan
hari akhir, hendaklah ia memuliakan tetangganya. Barang siapa yang beriman
kepada Allah dan hari akhir, hendaklah dia memuliakan tamunya."
Muttafaqun 'Alaih.
.
Memerintahkan yang ma'ruf dan melarang yang mungkar:
Dari Abu Sa'id al-Khudri t, ia berkata, "Saya
mendengar Rasulullah r
bersabda, 'Barang siapa di antara kalian melihat yang mungkar (yang dilarang
agama) hendaklah ia merubahnya dengan tangannya. Jika ia tidak mampu, maka
(hendaklah dia merubahnya) dengan lisannya. Jika ia tidak mampu, maka
(hendaklah dia merubahnya dengan hatinya, dan itulah selemah-lemahnya iman."
HR. Muslim.
.
Nasehat:
Dari Tamim ad-Darimi t,
bahwasanya Nabi r
bersabda, " Agama adalah nasehat.' Kami bertanya, 'Untuk siapa?' Beliau
menjawab, 'Untuk Allah I,
kitab-Nya, rasul-Nya, para pemimpin kaum muslimin dan umat Islam secara
umum." HR. Muslim.
. Iman
adalah amalan yang paling utama:
Dari Abu Hurairah t,
sesungguhnya Rasulullah r
ditanya: 'Apakah amalan yang paling utama?' Beliau menjawab, 'Iman kepada
Allah I dan
Rasul-Nya.' Beliau ditanya lagi, 'Kemudian apa?' Beliau menjawab, 'Jihad di
jalan Allah I.'
Beliau ditanya lagi, 'Kemudian apa?' Beliau menjawab, 'Haji yang mabrur."
Muttafaqun 'Alaih.
. Iman bertambah dengan
taat dan berkurang dengan perbuatan maksiat:
1, Firman Allah I:
Dia-lah yang telah
menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mu'min supaya keimanan mereka
bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). (QS. Al-Fath :4)
2, Firman Allah I:
Dan apabila diturunkan
suatu surat, maka di antara mereka (orang-orang munafik) ada yang berkata :"Siapa
di antara kamu yang bertambah imannya dengan (turunnya) surat ini?". Adapun orang yang beriman,
maka surat ini menambah imannya, sedang mereka merasa gembira. (QS. At-Taubah
:124)
3, Dari Abu Hurairah t,
bahwasanya Rasulullah r
bersabda, "Tidak berzina orang yang berzina saat berzina sedangkan dia
dalam keadaan beriman. Tidak mencuri orang yang mencuri saat dia mencuri
sedangkan dia dalam keadaan beriman. Dan tidak meminum arak (orang yang
meminumnya) saat dia meminum sedangkan dia dalam keadaan beriman."
Muttafaqun 'alaih.
4, Dari Anas bin Malik t, dari
Nabi r,
beliau bersabda, "Akan keluar dari neraka orang yang pernah berkata:
'Tiada Ilah (yang berhak disembah) selain Allah' dan di dalam hatinya ada
kebaikan seberat rambut. Akan keluar dari neraka orang yang pernah berkata:
'Tiada Ilah (yang berhak disembah) selain Allah' dan di hatinya ada kebaikan
seberat biji gandum. Dan akan keluar dari neraka orang yang pernah
berkata:'Tiada Ilah (yang berhak disembah) selain Allah' dan di dalam hatinya
ada kebaikan seberat biji sawi (atom)." Dan dalam satu riwayat: 'iman' di tempat 'kebaikan'.
. Amal
perbuatan orang kafir yang dilakukannya sebelum Islam:
1, Apabila orang kafir
masuk Islam, kemudian ia berbuat baik, maka segala keburukan diampuni untuknya,
karena firman Allah I:
Katakanlah kepada
orang-orang yang kafir itu :"Jika mereka berhenti (dari kekafirannya),
niscaya Allah akan mengampuni mereka tentang dosa-dosa mereka yang sudah lalu;
dan jika mereka kembali lagi sesungguhnya akan berlaku (kepada mereka) sunnah
(Allah terhadap) orang-orang dahulu". (QS. Al-Anfaal :38)
2, Dan segala amal
kebaikan (yang dilakukannya semasa kufur) diberikan pahala kepadanya,
berdasarkan riwayat bahwa Hakim bin Hizam t
bertanya kepada Rasulullah r:
'Bagaimana pendapatmu terhadap beberapa perkara (kebaikan) yang pernah saya
lakukan di masa jahiliyah, apakah ada balasannya untuk saya?' Rasulullah r
bersabda kepadanya:'Kamu masuk Islam bersama kebaikan yang pernah kamu
lakukan." Muttafaqun 'Alaih
3, Dan (sebaliknya) barang
siapa yang masuk Islam, kemudian melakukan dosa, maka dia disiksa dengan (dosa)
pertama dan yang terakhir. Berdasarkan sabda Nabi r: 'Barang
siapa yang berbuat di masa Islam, niscaya tidak disiksa karena perbuatan buruk
yang dia lakukan di masa jahiliyah. Dan barang siapa yang berbuat kejahatan di
masa sesudah Islam, niscaya dia disiksa karena (dosa) yang pertama dan terakhir."
Muttafaqun 'Alaih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar